Program Pengembangan Karyawan Untuk SDM Berkualitas

Di dalam perusahaan karyawan memiliki peran yang sangat penting dalam memajukan keberhasilan. Semakin berkembangnya teknologi mengharuskan karyawan mampu bersaing ketat untuk meningkatkan kinerjanya. Agar tetap dapat mempertahankan kualitas serta kemampuan yang dimiliki karyawan maka perusahaan berupaya untuk memberikan pelatihan guna mengembangkan potensi karyawan. Pengembangan potensi karyawan ini bisa diakukan melalui program pengembangan karyawan yang biasanya berupa pelatihan atau training.

Program pengembangan karyawan merupakam proses yang memungkinkan adanya peningkatan kemampuan serta pemahaman individu. Biasanya pengembangan mencakup peningkatan pengetahuan, kompetensi serta keahlian. Pada umumnya terdapat 3 poin besar program pengembangan yang biasa dijadikan orientasi untuk melakukan pelatihan dan pengembangan karyawan. Adapun beberapa program pengembangan karyawan yang efektif diadakan diantaranya:

Program Pengembanagan Karyawan

Orientasi Atau Sosialisasi

Orientasi atau sosialisasi merupakan program pengembangan karyawan yang diberikan pada awal mulai bekerja. Kegiatan ini merupakan pengenalan karyawan baru terhadap kebijakan dan program organisasi, kepada orang- orang dengan siapa mereka akan bekerja serta terhadap pekerjaan itu sendiri. Melalui program ini maka diharapkan karyawan mampu memahami hak, kewajiban serta kode etik perusahaan.

Pelatihan Dan Pengembangan.

Program ini juga sangat dibutuhkan perusahaan. Perusahaan-perusahaan besar mengadakan pelatihan kepad karyawan mereka sebagai wujud kepedulian terhadap kualitas SDM yang dimiliki. Pelatihan dirancang untuk meningkatkan keterampilan dalam pekerjaan sekarang ini, sedangkan pengembangan ditujukan dalam mendidik karyawan diluar tuntutan pekerjaan saat ini. Dengan demikian mereka dipersiapkan untuk promosi dan mampu melihat peran mereka dalam organisasi dengan wawasan yang lebih luas.

Perencanaan Dan Pengembangan Karir

Karir karyawan dan kebutuhan perusahaan adalah hal yang tak terpisahkan, oleh karena itu perusahaan harus membantu karyawannya dalam merencanakan karir mereka agar kebutuhan kedua belah pihak dapat terpenuhi. Dalam perencanaan karir, peran karyawan adalah terlibat dan berkomitmen dalam semua perencanaan karir, sedangkan peran perusahaan adalah membuat sistem perencanaan karir berupa asesmen, mengarahkan karyawan dengan menyediakan berbagai sumber informasi, sistem yang memadai, dan juga mengkomunikasikan sistem tersebut melalui peran coaching ataupun mentoring dari atasan ke bawahan.

Siapa Saja Yang Mengikuti Program Pengembangn Karyawan?

Karyawan Baru

Peserta yang harus mengikuti pengembangan yaitu karyawan baru. Sebagai karyawan baru tentu belum memiliki pengetahuan serta pengalaman yang luas mengenai tugas dan semua yang berhubungan dengan lingkungan kerjanya. Melalui program ini mereka diberi pemahaman agar dapat bekerja efektif serta efisien pada jabatannya. Program pengembangan karyawan baru perlu dilaksanakan agar kemampuan yang dimiliki dapat diimplementasikan dengan tepat di dalam pekerjaannya.

Karyawan Lama

Karyawan lama merupakan sumber daya mansuia yang dimiliki perusahaan dalam waktu yang cukup lama dan telah berpengalaman. Pemberian program pengembangan kepada karyawan lama bertujuan untuk memunhi tuntuta pekerjaan, jabatan, persiapan promosi, pembaruan metode kerja hingga perluasan perusahaan. Lebih jelas program pengembangan ini diberikan agar karyawan lebih memahami human skill, managerial skill, thecnical skill dengan tujuan agar prestasi kerjanya meningkat..

Setiap masing-masing karyawan memiliki kelebihan serta kekurangan yang berbeda. Oleh karenanya penting untuk mengetahui potensi yang bisa digali karyawan Anda. Program pengembangan karyawan yang disesuaikan dengan potensi mereka akan menempatkan karyawan di posisi dan tanggung jawab yang tepat. Dengan demikian penempatan posisi karyawan yang tepat akan meminimalisir kerugian perusahaan.

Pikirkan kembali bahwa jika pelatihan dan pengembangan karyawan yang dilakukan bisa membuat karyawan benar-benar berkembang, tentunya ini akan sangat baik bagi perusahaan Anda, bukan? Oleh karenanya berikan pengembangan serta pelatihan kepada karyawan Anda sekarang untuk meningkatkan produktivitas yang diinginkan.



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Tinggalkan komentar