Training Leadership Untuk Meningkatkan Disiplin Kerja di Malang & Surabaya

Bagaimana Meningkatkan Disiplin Kerja Karyawan? Training Leadership adalah jawabannya!

Anda adalah manajer HRD atau Pimpinan Perusahaan?
Pernah merasakan rendahnya motivasi kerja karyawan Anda?
Atau disiplin kerja karyawan mulai melemah?
Akbiatnya kinerja dan omzet Perusahaan Anda turun drastis?
Bagaimana Cara mengatasinya?

training leadership for supervisor

Pertanyaan-pertanyaan di atas lah yang sering terungkap dari Klien-klien kami. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pelatihan SDM. PT Inspiera selalu mengembangkan teknik-teknik training motivasi terbaru. Yang tujuannya adalah menemukan kunci-kunci dalam peningkatan disiplin kerja. Hingga semangatpara karyawan Anda terus membara dalam jangka waktu yang lama.

Training leadership atau biasa dikenal sebagai pelatihan kepemimpinan merupakan program yang dibuat untuk ditujukan kepada seseorang maupun sekelompok orang untuk mengembangkan kemampuan memimpinnya.

Pelatihan kepemimpinan ini sangat dibutuhkan dalam sebuah bisnis. Sebab seorang pemimpin bertugas untuk mengatur jalannya roda perusahaan. Jika seorang pemimpin memiliki SDM yang baik maka akan berdampak baik pula pada kinerja karyawannya.

Seorang pemimpin bekerja untuk membina dan mengarahkan bawahannya agar selalu bekerja dengan tepat dan benar sesuai dengan tujuan. Pemimpin yang baik harus bisa mengayomi serta melindungi anak buahnya agar merasa nyaman ketika bekerja.

Dalam sebuah perusahaan tidak menutup kemungkinan untuk melakukan pergantian posisi karena pemecatan, pensiun atau resign. Untuk menggantikan posisi tersebut biasanya perusahaan memberikan sebuah promosi seperti kenaikan jabatan bagi karyawan yang telah berpengalaman dan mampu memimpin. Oleh karena itu untuk mencetak karyawan yang berkompeten, yang Anda butuhkan adalah training leadership atau pelatihan kepemimpinan.

Pentingnya Training Leadership Bagi Bisnis Anda

Hakekat seorang pemimpin adalah menjadi contoh bagi bawahannya. Seorang pemimpin atau kepala sama halnya seperti otak yang menjalankan fungsi untuk mengatur organ tubuh lainnya agar bertindak sesuai keinginan atau tujuan. Jika kita ingin membeli makanan, maka otak akan mengirimkan informasi kepada kaki untuk berjalan menuju warung dan membeli makanan. Melalui mekanisme tersebut maka tujuan untuk membeli makanan menjadi tercapai.

Begitu pula yang terjadi pada perusahaan. Sebuah perusahaan pasti memiliki tujuan misalnya meningkatkan omzet penjualan. Disini sebagai seorang pemimpin harus memberikan arahan kepada anak buahnya untuk bekerja dan berusaha meningkatkan produktivitas hingga mencapai keuntungan maksimal yang telah ditargetkan. Oleh sebab itu, menjadi seorang pemimpin harus dapat berhubungan dengan baik terhadap bawahannya.

Seorang pemimpin memang memegang peran penting dalam dunia bisnis dan perusahaan. Jika salah memberikan instruksi terhadap bawahannya maka akan berakibat fatal. Namun sebenarnya menjadi pemimpin bukan hanya sebatas mengarahkan bawahannya untuk dapat bekerja dengan tepat dan sesuai target. Menjadi pemimpin juga harus bisa menghadapi dan beradaptasi dengan faktor-faktor yang dapat saja terjadi dari luar, seperti halnya para pesaing.

Seiring dengan persaingan yang semakin ketat, seorang pemimpin dituntut untuk membawa perusahaannya mampu bersaing dengan kompetitor. Pemimpin harus dapat berpikir keras dan memiliki banyak strategi untuk dapat memenangkan persaingan dengan kompetitor.

Memang bukan hal yang mudah menjadi seorang pemimpin, mengingat tanggung jawabnya yang cukup besar. Oleh karena itu seorang pemimpin sangat memerlukan pelatihan khusus dan terarah untuk dapat mengoptimalkan pekerjaannya. Terutama bagi seorang pemimpin baru.

Pada umumnya pemimpin baru harus dapat beradaptasi dengan peran serta statusnya sebagai seorang pemimpin. Bagaimana ia berhubungan dengan bawahan, bagaimana ia berhubungan dengan direktur perusahaan, serta bagaimana ia menghadapi masalah internal maupun eksternal. Seorang pemimpin baru yang mengikuti program training leadership akan memiliki fleksibilitas yang tinggi. Dimana dengan semakin banyaknya kemampuan dan keterampilan yang dimiliki maka akan lebih cepat menyesuaikan diri di dalam perusahaan.

Tidak sampai disitu, pelatihan kepemimpinan juga dibutuhkan untuk karyawan biasa. Prusahaan dapat menemukan potensi yang baik dalam diri karyawan yang mungkin selama ini hanya bekerja di belakang meja.

Sebagai perusahaan yang baik sudah sewajarnya untuk memperlakukan karyawan secara adil. Oleh karenanya pelatihan kepemimpinan juga penting bagi semua karyawan, bukan hanya pemimpin baru. Karena jika mereka tidak  mengikuti pelatihan kepemimpinan, maka mereka tidak akan memiliki kemampuan dan bekal untuk memimpin. Sedangkan kemungkinan pergantian pemimpin dalam perusahaan selalu terjadi.

Jika perusahaan Anda rutin mengikuti program pelatihan kepemimpinan, perusahaan Anda akan dapat mengalahkan kompetitor. Bahkan omzet perusahaan Anda akan meningkat karena perusahaan memiliki pemimpin yang berkualitas.

Apa Yang Anda Dapatkan Dengan Mengikuti Program Training Leadership?

Mengingat pentingnya jiwa kepemimpinan dalam sebuah organisasi, maka ada banyak hal yang didapatkan ketika mengikuti training leadership. Beberapa hal yang akan didapatkan diantaranya :

1. Membentuk Karakter Serta Skill Kepemimpinan

Poin ini merupakan yang paling utama dan pasti Anda dapatkan. Melalui program pelatihan kepemimpinan, output yang akan didapatkan yaitu dapat membangun karakter dan melatih kemampuan seseorang. Semakin sering melakukan latihan maka akan semakin berkembang dan semakin kuat karakter yang dimiliki. Ini sangat diperlukan bagi seorang pemimpin.

2. Mampu Mengolah Organisasi

Sebuah organisasi tidak dapat dilepaskan dengan peran pemimpin. Sebab pemimpin adalah elemen utama sebuah organisasi dan merupakan unsur dalam struktur organisasi. Pemimpin yang baik adalah yang pandai berorganisasi. Begitu pula organisasi akan berjalan baik jika memiliki pemimpin yang dapat mengayomi. Kemampuan ini dapat diasah melalui sebuah pelatihan, yaitu pelatihan kepemimpinan.

3. Membangun Kepercayaan Diri

Seorang pemimpin harus memiliki modal percaya diri. Tentu saja rasa percaya diri ini juga harus diimbangi dengan tanggung jawab. Dalam pelatihan leadership peserta akan memperoleh materi berupa bagaimana upaya untuk mendapatkan rasa percaya diri yang diimbangi dengan tanggung jawab.

4. Menciptakan Pemimpin Yang Berintegritas

Tak dapat dipungkiri, sebagai manusia menjadi pemimpin adalah suatu hal yang harus diciptakan. Pengalaman dan kemampuan adalah modal utama menjadi pemimpin. Sebagai contoh seorang presiden dapat menjadi presiden karena pengalaman dan kemampuannya yang telah dipercaya memimpin daerah. Begitupun pemimpin perusahaan yag semestinya sudah berpengalaman dan terlatih menjadi seorang panutan.

5. Menciptakan Pemimpin Yang Mampu Mengayomi Bawahan

Seorang pemimpi dituntut harus dapat mengayomi bawahannya. Mengayomi disini berarti membimbing dengan cara yang halus agar bawahannya mampu bekerja sesuai target. Pendekatan ini bisa dilakukan melalui pelatihan menggunakan permainan sebagai simulasi. Dengan mengikuti pelatihan kepemimpinan yang kami sediakan, peserta akan melakukan berbagai permainan seru untuk melatih cara memimpin yang benar bagi kelompoknya.

Sebenarnya membentuk karakter dan kemampuan memimpin seseorang bukan hanya diperlukan di dalam sebuah bisnis dan perusahaan. Jiwa kepemimpinan juga dibutuhkan pada kalangan muda untuk menciptakan calon-calon pemimpin masa depan yang baik.

Menurut sebuah penelitian dan fakta menyatakan bahwa semakin muda usia seseorang maka kemampuan daya tangkap mereka semakin kuat. Oleh karena itu memberikan pelatihan kepemimpinan juga baik dilakukan bagi pelajar, mahasiswa maupun di dalam komunitas. Pada umumnya pelajar, mahasiswa dan komunitas disominasi oleh kalangan muda-mudi sebagai agent of change masyarakat. Kenyataan ini sangat berhubungan dengan jiwa kepemimpinan yang sudah semestinya dimiliki. Oleh sebab itu training leadership ini juga dibutuhkan bagi mereka.

Upaya Mendapatkan Jiwa Kepemimpinan Melalui Training Leadership Bersama PT. Inspiera Sinergi Indonesia

Banyak karyawan yang mengeluhkan pemimpin mereka yang hanya bisa menyuruh dan mengatur tanpa memberi contoh yang baik. Permasalahan ini sebenarnya bisa disebabkan karena dua hal. Pertama, pemimpin tersebut memang tidak memiliki kemampuan di bidang tersebut.Kedua, kurangnya pendekatan psikologis antara yang diberikan kepada bawahannya.

Jika sudah begini karyawan akan merasa tidak nyaman memiliki pemimpin dengan tipe seperti itu. Akibatnya banyak karyawan yang tidak nyaman kemudian mengajukan resign, tidak ada chemistry antara peimpin dan bawahan, dan lebih parah lagi bisa menyebabkan perusahaan Anda menjadi bangkrut.

Tentu saja Anda tidak menginginkan hal ini terjadi pada perusahaan Anda. Maka solusinya adalah bagaimana menciptakan seorang pemimpin yang berkualitas dan berintegritas.

Untuk dapat menciptakan seorang pemimpin yang berkualitas memang diperlukan strategi khusus untuk mengupayakan usaha tersebut. Strategi tersebut dapat dilakukan dengan mengadakan berbagai macam pelatihan baik formal maupun non-formal.

PT. Inspiera Sinergi Indonesia telah dipercaya mampu memberikan output yang sudah dibuktikan para klien dalam melayani pelatihan kepemimpinan. Kami telah dipercaya mampu memberikan pelatihan dan menciptakan pemimpin yang unggul. Hal ini diperkuat dari ratusan klien yang telah bekerjasama bersama kami untuk menciptakan karyawan yang berkualitas. Pelatihan yang kami berikan mampu mendongkrak budaya kerja karyawan yang lebih baik. Kami memberikan pelatihan sesuai dengan keinginan perusahaan Anda. Pelatihan yang kami berikan yaitu berupa kelas indoor maupun outdoor.

Berbagai Pelatihan Yang Kami Tawarkan

Indoor

Pada pelatihan yang dilakukan secara indoor terkesan lebih formal dan resmi. Meskipun begitu di sela sesi pemberian materi kami memberikan berbagai hiburan seperti games dan stand up comedy. Ini bertujuan agar peserta tidak merasa bosan, sehingga materi dapat diterima dengan baik oleh peserta. Pada pelatihan indoor, kami memberikan materi melalui dua kelas yang dapat Anda pilih.

1. Kelas Seminar

Pada kelas seminar umumnya pembahasan materi bersifat luas dan terkonsep. Seminar ini bertujuan untuk menanamkan suati ide dan pengetahuan. Biasanya untuk kelas seminar dilakukan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan terhadap mahasiswa, guru, dan dosen. Sedangkan untuk karyawan atau pekerja menggunakan training karena lebih terfokus dan terarah.

2. Kelas Training

Berbeda dengan seminar, kelas training dilakukan lebih fokus dan terarah. Karena sesuai dengan tujuannya yaitu meningkatkan kompetensi serta kualitas kerja karyawan atau pekerja. Pada kelas ini lebih fokus membahas hal-hal praktis dan meningkatkan kulaitas dari apa yang telah dikerjakan di tempat kerja. Dalam kelas ini peserta dilatih dan dipandu oleh seorang motivator atau trainer terpercaya.

Baik untuk seminar maupun training, kami menyarankan untuk tidak terlalu banyak melibatkan banyak peserta demi tercipta suasana kondusif dan penerimaan materi yang maksimal bagi para peserta. Namun jangan khawatir, jika memang karyawan yang akan mengikuti pelatihan ini dalam jumlah yang banyak maka kami dapat membaginya menjadi beberapa sesi. Kami berusaha memberikan layanan sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda dan kami tetap memprioritaskan penerimaan materi secara maksimal bagi peserta.

Outdoor

Jika pada kelas indoor materi diberikan secara formal dan di dalam ruangan, namun pada kelas outdoor materi diberikan secara non-formal dan dilakukan di luar ruangan. Terdapat beberapa kegiatan outdoor yang kami sediakan untuk memberikan materi kepemimpinan.

1. Kegiatan Rafting

Rafting atau arum jeram menjadi permainan ourbound yang kami pilih. Mengapa? Sebab rafting dilakukan oleh sekelompok orang yang mendayung dan menjalankan sebuah perahu karet dengan diterjang oleh arus dan jangan sampai terjatuh ke dalam air. Permainan ini sangat membutuhkan kekompakan dan seorang pemimpin untuk menginstruksikan jalannya perahu. Di sinilah kemampuan seseorang dilatih. Bagaimana ia mempertahankan perahu agar tidak terjatuh melalui instruksi yang tepat kepada kelompoknya.

Dalam dunia kerja kerjasama tim dan kekompakan ini sangat dibutuhkan agar pemimpin dan bawahannya bisa bersinergi untuk mencapai tujuan perusahaan. Seorang pemimpin baru harus paham betul konsep ini. Karena kekompakan dan kerjasama tim yang baik akan memudahkan dalam menjalankan perusahaan.

2. Kegiatan Paint Ball

Paintball merupakan keiatan yang meilbatkan kelompok pemain untuk mengalahkan kelompok lain dengan memberikan tanda cat di tubuh lawan. Peserta permainan ini dilengkapi dengan senjata berupa tembakan dengan peluru buatan. Dalam permainan paint ball kelompok harus bekerjasama menembak musuh sebanyak-banyaknya, semakin banyak musuh yang tertembak dan semakin sedikit jumlah anggotanya maka kemungkinan untuk menang semakin besar. Kemudian seorang pemimpin berada di garis depan untuk mengatur strategi, mengarahkan serta melindungi anggotanya agar tidak tertembak musuh. Dengan catatan pemimpin juga harus dapat menahan serangan dari musuh dengan cara jangan sampai dirinya sendiri tertembak.

Permainan ini dapat diaplikasikan dalam dunia bisnis. Yang mana seorang pemimpin harus mampu membawa dan mengarahkan kelompoknya agar dapat bekerja untuk mengalahkan kompetitor. Disamping itu seorang pemimpin berada di garis depan sebagai pengatur strategi untuk mengalahkan kompetitor.

Kegiatan outbound ini bertujuan untuk melatih dan membangun jiwa kepemimpinan peserta. Melalui materi yang diberikan secara indoor, dan pemahaman-pemahaman yang didapatkan mengenai kepemimpinan kemudian diaplikasikan melalui kegiatan outbound.

Inilah alasan mengapa kami menyajikan metode pelatihan baik indoor maupun outdoor sedemikian hingga terkonsep dengan baik dan tepat sasaran. Metode pelatihan yang kami sediakan sudah kami pikirkan secara matang untuk dapat mengoptimalkan kinerja karyawan perusahaan Anda. Kini saatnya bagi perusahaan Anda memberikan pelatihan kepemimpinan bagi karyawan dan pemimpin baru agar dapat beradaptasi dan bekerja secara maksimal bersama kami. Bersama trainer berpengalaman dan terpercaya yang kami miliki, kami telah menjangkau berbagai daerah yang ada di seluruh Indonesia untuk memotivasi dan melatih mereka.

Mengapa Banyak Klien Mempercayakan Training Leadership Kepada Kami?

Terdapat banyak layanan training dan motivator di seluruh Indonesia. Namun layanan training dan motivator yang kami miliki berbeda. Untuk keperluan pelatihan, kami menyediakan pelatihan dengan berbagai macam metode. Salah satu metode yang paling diminati adalah outbound.

Sebab dengan metode itu karyawan mendapatkan materi dengan bersenang-senang. Berdasarkan dari pengalaman klien kami, mereka mendapat banyak keuntungan dengan mengikuti training yang kami sediakan.

Untuk mengembalikan semangat kerja karyawan tentu dengan melakukan refreshment program. Anda bisa mengagendakan program peningkatan motivasi karyawan minimal setahun sekali. Bahkan jika Karyawan Anda berprestasi, tawarkanlah reward khusus untuk family gathering 6 bulan sekali. Dijamin mereka akan semakin semangat bekerja. disiplin kerjaBukan hanya itu. Refreshment Program perlu dirancang secara baik. Bukan hanya sekedar bersenang-senang, wisata ataupun jaan-jalan saja. Namun sisipkanlah materi Training Leadership. Guna meningkatkan rasa tanggung jawab & loyalitas kepada tim, pimpinan & perusahaan.

Hasil survey menunjukkan bahwa pekerja paling loyal adalah pekerja di jepang. Kita mengenal, Jepang adalah negara yang penduduknya memiliki etos dan disiplin kerja yang tinggi. Rata-rata setiap pekerja tidak akan pernah berpindah-pindah perusahaan. Sekali dia bekerja pada perusahaan tertentu, mereka akan terus bekerja di sana hingga hari tua.

Nah, Disiplin kerja, loyalitas, dan kepemimpinan ini perlu ditiru. Dan bisa Anda dapatkan dalam Training Leadership bersama Trainer-Trainer Nasional Inspiera. Kami membawakan training motivasi karyawan dengan format super-fun. Sehingga materi pelatihannya memberikan kesan yang terus diingat sepanjang masa. Juga mampu mengobarkan semangat & disiplin kerja dalam jangka waktu yang lama.

Keuntungan lain yang didapatkan yaitu biaya yang dikeluarkan lebih hemat. Dalam sebuah perusahaan tentu memiliki anggaran yang dialokasikan untuk mengoptimalkan sumber daya manusia. Anggaran ini biasanya berupa liburan untuk menghilangkan stress bagi karyawan. Melalui training bersama PT. Inspiera Sinergi Indonesia kami memberikan pelatihan dengan konsep have fun. Jadi perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya yang berbeda untuk keperluan liburan dan pelatihan. Bersama PT. Inspiera Sinergi Indonesia, kami telah menyediakan konsep pelatihan sekaligus permainan yang menghibur dan edukatif.

Meskipun begitu bukan berarti hanya mengutamakan senang-senang. Konsep have fun yang kami berikan berupa permainan outbound yang melatih dan membangun jiwa kepemimpinan. Selain dapat meningkatkan kinerja karyawan perusahaan Anda, karyawan akan terhibur karena kesenangan saat pelatihan berlangsung.

Disamping itu, Anda tidak perlu repot menyiapkan transportasi dan tempat. Semua kebutuhan pelatihan telah kami siapkan dan kami sediakan. Sehingga Anda hanya terima beres. Kami memiliki tim EO yang telah berpengalaman dan professional dalam menangani berbagai pelatihan. Semua fasilitas seperti konsumsi dan transportasi sudah disediakan.

Itulah alasan mengapa banyak perusahaan mempercayakan berbagai pelatihan kepada kami. kini saatnya Anda bergabung bersama klien kami yang telah merasakan dampak baiknya. Memiliki karyawan dan pemimpin yang cerdas dan berkualitas tentu akan membawa progress positif bagi perusahaan Anda.Buat perusahaan Anda memiliki pemimpin yang unggul dan mampu bersaing dengan competitor. Segera konsultasikan kebutuhan pelatihan Anda bersama kami melalui 081.230.231.150.

 



Contact Person : Bpk. Andik Top
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Leave a Comment