Saat ini pasar menjadi semakin terbuka dan kompetitif. Ini tentunya berdampak pada bergesernya paradigma bisnis di mana konsumen kemudian menjadi faktor yang sangat menentukan terhadap kelangsungan bisnis. Dengan harapan konsumen yang semakin tinggi terhadap kualitas produk atau layanan yang diberikan, serta semakin meningkatnya kompetisi, sangat penting bagi perusahaan / para pelaku bisnis untuk memberikan service excellence (pelayanan prima) kepada pelanggan.
Faktor utama yang berkaitan dengan kepuasan konsumen adalah harapan konsumen dan kenyataan yang terjadi saat konsumen berhubungan dengan perusahaan. Harapan konsumen sangat dipengaruhi oleh hal-hal seperti tingkat ekonomi, kondisi sosial-budaya, latar belakang pendidikan, usia, dan jenis kelamin. Sedangkan kondisi nyata saat konsumen berhubungan dengan perusahaan juga dipengaruhi oleh banyak hal, termasuk karakter frontliner perusahaan yang berinteraksi dengan konsumen dan kemudahan saat melakukan transaksi dengan perusahaan.
Bagaimana caranya memastikan kualitas produk atau layanan yang diberikan akan membuat konsumen puas, dan bahkan dapat meningkatkan kepuasan konsumen? Perusahaan harus memastikan bahwa kondisi nyata saat penyampaian produk kepada konsumen minimal sesuai dengan harapan, atau jika dimungkinkan melebihi harapan sang konsumen. Oleh karena itu perusahaan harus memberikan service excellence, dengan melakukan segala tindakan yang diperlukan agar konsumen puas dan datang kembali untuk memberi produk atau layanan yang ditawarkan.
Terdapat 3 pilar yang mempengaruhi kualitas pelayanan, yaitu fasilitas, program, dan sumber daya manusia. Di antara ketiga pilar tersebut, sumber daya manusia merupakan pilar utama yang akan mempengaruhi kualitas pelayanan yang diberikan. Berdasarkan penelitian, penyebab mayoritas konsumen meninggalkan bisnis kita adalah karena sikap petugas yang kurang peduli saat berinteraksi dengan konsumen. Untuk itulah perusahaan perlu menanamkan pentingnya service excellence kepada seluruh karyawannya, agar konsumen senantiasa puas, kepuasan konsumen senantiasa terjaga, dan konsumen akan loyal kepada produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan.
Berikut ini adalah hal-hal yang harus dilakukan untuk memberikan service excellence kepada konsumen:
-Selalu berorientasi kepada konsumen
-Sambut konsumen dengan sigap
-Fokus pada solusi masalah konsumen
-Peka terhadap situasi yang sulit bagi konsumen
-Jika menjanjikan sesuatu kepada konsumen, harus selalu menepati janji tersebut
-Memberikan pelayanan ekstra
-Diakhiri dengan ucapan terima kasih
Salah satu upaya untuk menanamkan point-point service excellence pada Perusahaan adalah dengan mengadakan Pelatihan Service Excellent pada Karyawan. Pelatihan tersebut harus diberikan oleh lembaga training / konsultan yang terpercaya agar hasil pelatihan tersebut memiliki dampak bagi perusahaan tersebut. PT INSPIERA SINERGI INDONESIA sebagi selaku salah satu provider training terkemuka di Indonesia telah banyak dan berpengalaman dalam membantu perusahaan / instansi dalam membantu mengadakan event Pelatihan Service Excellent bagi perusahaan / instansi / organisasi. Hubungi 0823-3236-0252 Untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai layananan dari PT. Inspiera Sinergi Indonesia
1 thought on “Pentingnya Service Excellence”