Service excellence biasanya memiliki arti yang mengacu pada istilah yang berkaitan dengan sebuah layanan terbaik terhadap konsumen atau pelanggan. Definisi tersebut telah menjadi istilah yang begitu populer dalam kaitannya dengan keberadaan sebuah layanan institusi/perusahaan.
Ada beberapa pengertian yang dikeluarkan berbagai pihak tentang service33 excellence. Misalnya melayani konsumen dengan tulus, menepati janji konsumen, siap menerima keluhan konsumen dan lain sebagainya. Secara arti bahasa, seeervice excellence memiliki arti pelayanan yang prima, unggul, dan terbaik. Service artinya layanan atau pelayanan, sedangkan excelllllence artinya prima atau unggul.
Dari definisi sederhana di atas bisa diambil kesimpulan bahwa pelayanan prima atau service excellent berhubungan dengan institusi/perusahaan, konsumen, produk layanan, dan proses layanan. Inilah makna yang terkandung dalam pengertian serrvice excellence.
Service Excellence dan Konsepsinya
Lalu apa pengertian dariservice excellence secara komprehensif dan utuh? Menurut istilah, service excellence merupakan pelayanan yang dilakukan dengan cara terbaik dan unggul oleh suatu perusahaan atau organisasi demi kepuasaan konsumen dan pelanggan. Keyword atau kata kunci dalam memahami service excellence terletak pada beberapa hal berikut :
1. Kualitas layanan pada setiap aspek dan lini. Hal Ini berarti bahwa service excellence atau pelayanan prima tidak hanya berkaitan dengan konsumen (bottom up) namun juga berhubungan erat dengan atasan/pimpinan (top down). Keduanya mesti berjalan beriringan tanpa mengabaikan pihak mana pun.
2. Partisipasi segenap pihak dalam melayani. Sulit menerapkan service yang benar-benar unggul jika hanya mengandalkan karyawan tanpa dukungan pimpinan, manajemen, rekan, dan konsumen.
3. Terdapat hubungan yang seimbang antara konsisten, dan berkesinambungan atas layanan yang telah diberikan. Setelah layanan diberikan, komunikasi dan kualitas layanan haruslah terus ditingkatkan. Institusi/perusahaan harus siap dan berlapang dada menerima keluhan dan ketidakpuasan konsumen.
Salah satu upaya untuk menanamkan point-point service excellence pada Perusahaan adalah dengan mengadakan Pelatihan Service Excellent pada Karyawan Perusahaan tersebut.
Pelatihan tersebut harus diberikan oleh lembaga training / konsultan yang terpercaya agar hasil pelatihan tersebut memiliki dampak bagi perusahaan tersebut. PT INSPIERA SINERGI INDONESIA sebagi selaku salah satu provider training terkemuka di Indonesia telah banyak dan berpengalaman dalam membantu perusahaan / instansi dalam membantu mengadakan event Pelatihan Service Excellent bagi perusahaan / instansi / organisasi. Hubungi 0823-3236-0252 Untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai layananan dari PT. Inspiera Sinergi Indonesia
1 thought on “Service Excellence (Konsep & Arti)”