Dari survei yang ada, banyak orang menyatakan bahwa memperoleh kepuasan dan pengorbanan yang sebanding merupakan hal yang diharapkan dari para konsumen. Perusahaan / organisasi memberikan layanan kepada pelanggan internal yaitu para pegawainya. Kemudian para pelanggan internal memberikan pelayanan kepada pelanggan eksternal/konsumen melalui barang atau jasa yang diproduksinya. Untuk itu perusahaan / organisasi perlu memenuhi dulu harapan para pelanggan internalnya dengan service excellence baru kemudian mendapatkan pemenuhan atas harapan para konsumen/pelanggan eksternal.
Bagi pelanggan internal, jasa berupa tenaga dan keterampilan merupakan pengorbanan yang dilakukannya secara langsung maupun tidak langsung untuk perusahaan / organisasi tempatnya bekerja. Sedangkan kepuasan bagi pelanggan internal salah satunya bisa berupa imbalan yang diterima atas pengorbanan yang dilakukannya itu, atau bisa juga berupa kesenangan dan kenyamanan dalam suasana berkerja yang didapat di tempat atau lingkungan tempat kerjanya.
Bagi pelanggan eksternal, harga / biaya yang harus dikeluarkan untuk memperoleh barang atau jasa merupakan pengorbanan yang dilakukannya untuk sebuah perusahaan / organisasi yang memproduksi barang atau jasa tersebut. Sedangkan kepuasan akan diperoleh bila adanya kesesuaian antara harapan dan kenyataan yang diperoleh, yang dicerminkan dari mutu kualitas barang atau jasa yang diterimanya dari pihak yang memperoduksi barang atau jasa tersebut.
Singkatnya pelanggan mengharapkan beberapa hal berikut setelah diterapkannya pelayanan prima:
Peningkatan kualitas barang / jasa (better)
Kecepataan pelayanan yang diterima (faster)
Ada pembaruan dari produk / jasa yang ditawarkan (newer)
Harga yang semakin murah (cheaper)
Fasilitas yang semakin mudah / sederhana (more simple)
PT. Inspiera Sinergi Indonesia sangat konsen terhadap peningkatan Service Excellence baik itu di Organisasi Bisnis Swasta ataupun di Pemerintahan. Hubungi 0823-3236-0252 Untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai layananan dari PT. Inspiera Sinergi Indonesia.